Home » » Khutbah Jumat Karya Saepudin, S.Pd.I

Khutbah Jumat Karya Saepudin, S.Pd.I

Posted by Sabil Tulen

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمدلله الذي جعل في تعاقب الليالي والايام عبرة للمعتبرين. وفي انصرام الشهوروالاعوام ذكرى لعبده المؤمنين. أشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له. وأشهد ان محمدا عبده ورسوله المرتضى. صلى الله وسلم عليه. وعلى اله وأصحابه أهل الرضى. وعلى من تبعهم بأحسان الى يوم البعث والقضاء. امابعد. فيامعشرالمؤمنين. وياجموع المصلين. أوصيكم بتقوى الله رب العالمين.
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah..................

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt, yang telah menganugrahkan nikmat sehat dan sempat kepada kita, sehingga pada siang hari ini dengan nikmat tersebut kita dapat menjalankan salah satu perintahnya yakni sholat jumat sebagaimana biasa pada hari-hari jumat sebelumnya.
Sholawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhamad Saw, dan sebagai tanda kencintaan kita terhadap beliau maka patutlah untuk kita mengucapkan Allahummasholli Wayusallim Wayu Barik Alaih.
Selanjutnya, melalui kesempatan ini, saya sampaikan kepada jamaah sekalian umumnya utamanya kepada diri saya sendiri, marilah kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt, yang tentunya ucapan iman dan takwa setiap orang akan hanya dapat dibuktikan  dengan menjunjung tinggi segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

KHUTBAH KALI INI SAYA MENGANGKAT JUDUL PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA UNTUK ANAK DALAM MENGHADAPI MASA DEPAN

Kaum Muslimin Pendengar Khutbah Yang Terhormat...................

Seiring dengan perubahan waktu, tanpa di sadari bahwa, umur kita semakin berkurang dan di samping berubahnya waktu, zamanpun akan ikut berubah, waktu dan zaman sekarang ini akan berakhir satu hari lagi artinya satu hari lagi kita akan masuk kepada tahun yang baru. Guna menyongsong tahun yang baru, maka seharusnyalah mulai hari ini kita mempersipkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi waktu dan zaman yang akan datang, karena zaman pada tahun-tahun yang akan datangtidak akan sama dengan zaman yang pernah di rasakan pada tahun ini. Ironisnya, apa yang kita saksikan dan yang kita rasakan Pada tahun ini amat sangat menyedihkan, tidak sedikit aliran air mata yang mengalir memilukan, nyawa melayang akibat pembunuhan, tidak sedikit rumah dan gedung tenggelam dan runtuh akibat banjir dan gempa, penghuni penjara semakin bertambah akibat narkotika dan korupsi, para elit politik saling menggesek, pengadilan semakin repot untuk mengadili, bahkan ironisnya lagi agama kini kian di buat menjadi permainan dramatisdengan kasus penodaan agama, dengan menyaksikan peristiwa-pristiwa itu  kita berharap semoga, tidak akan pernah terjadi lagi pada waktu dan zaman yang akan datang terlebih pada waktu dan zaman anak-anak kita kelak, namun tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap waktu dan zaman sudah pasti ada pristiwanya oleh karena itu adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua dan para guru untuk mendidik anak-anak kita, murid-murid kita dengan pendidikan agama agar menjadi generasi yang memiliki akhlak mulya dan menjadi generasi yang santun dan berwibawa.


Kaum Muslimin Pendengar Khutbah Yang Terhormat...................

Anak-anak kita, adalah modal sekaligus ladang investasi akhirat kita sebagai orang tua, jika kita keliru dalam mengelola, mengatur, mengarahkan, membimbing dan membina mereka, maka akan menimbulkan kerugian yang besar, dengan demikian, di sinilah peran aktif orang tua terhadap pendidikan agama untuk anak-anaknya. Karena hanya dengan bermodalkan ilmu agama anak-anak yang akan menjadi generasi penerus kita akan mampu untuk mengikuti waktu dan zaman tanpa harus terseret kedalam waktu dan zaman yang tidak baik pada masanya kelak.

Kaum Muslimin Pendengar Khutbah Yang Terhormat...................
                                            
Ali Ra. Berkata :

علموااولادكم فانهم مخلوقون لزمن غيرزمنكم

Didiklah anak-anakmu karena dia di ciptakan pada masa yang bukan pada masamu.
Ungkapan di atas senada dengan firman Allah :

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.(Qs.An-Nisa : 9).

Ayat ini merupakan peringatan dari Allah kepada kita tentang apa dan bagaimana kita berbuat untuk keselamatan kita terlebih untuk keselamatan anak-anak kita pada masa dan zaman yang akan datang, dari ayat ini pula dapatlah kita mengambil pengertian bahwa kelemahan anak-anak tidak hanya di lihat dari jasmani semata tetapi yang lebih menyedihkan ialah lemahnya mereka dalam berakidah dan berakhlak. Oleh karena itu, amatlah penting bagiorang tua untuk mengarahkan anak-anaknya supaya mereka mempelajari ilmu agama agar jiwa keagamaan mereka meresap ke dalam hati sanubarinya. Dengan cara inilah kita mengharapkan kenikmatan Allah tetap tercurahkan kepada kita bahkan sampai kepada anak keturunan kita hingga masa-masa dan zaman yang akan datang.

Akhirnya marilah kita berdo’a, semoga Allah Swt melimpahkan rahmatnya kepada kita dan juga bagi anak-anak kita untuk sekarang ini dan juga tahun-tahun yang akan datang sehingga kebaikan jualah yang kita peroleh di masa sekarang dana masa yang akan datang. Amin ya rabbal alamin.


بارك الله لي ولكم في القران العظيم. ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكرالحكيم. وتقبل مني ومنكم تلاوته انه هوالسميع العليم. اقولو قول هذااستغفرالله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمت والمؤمنين والمؤمنات فستغفره انه هوالغفورالرحيم.


Khutbah Jumat Edisi 30 Desember 2016

SAEPUDIN


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts