Home » » Sistem Madrasah Diniyah

Sistem Madrasah Diniyah

Posted by Sabil Tulen

Madrasah Diniyah merupakan lembaga nonformal dalam menyelenggarakan pendidikan keagamaan  Islam oleh karena itu unsur – unsur pembentuk Madrasah Diniyah tidak seperti sekolah – sekolah formal.
Namun pada intinya Madrasah Diniyah tetap menggunakan sistem yang hampir sama dengan sekolah – sekolah formal mulai dari kompetensi pendidik, kurikulum,  sistem administrasi dan masyarakat. Kurikulum, kompetensi pendidik dan administrasi disesuaikan antara tingakatan Diniyah Takmiliyah dengan sekolah formal yang sederjat.
1.    Kurikulum
Berbicara kurikulum, materi yang diberikan pada peserta didik dalam tingkatan diniyah berbeda, untuk tingkatan Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan Wustha diberi materi  Al Quran Hadits, Terjemah Tajwid, Aqidah Akhlak, Fiqh Ibadah, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Praktik Ibadah.
Dan untuk Diniyah Takmiliyah ‘Ulya diberi materi Ilmu Tafsir,  Ilmu Hadits,  Akhlak, Ilmu Tauhid, Fiqh, Ushul Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam,  Perbandingan Agama, Bahasa Arab dan Praktik Ibadah.
2.    Kompetensi Pendidik Madrasah Diniyah
Untuk kompetensi pendidik Madrasah Diniyah disamakan dengan sekolah formal, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, individual dan sosial.[10] Karena semakin berkualitas tenaga pendidik yang mengajar semakin berkulitas pula peserta didik yang dihasilkan.
3.    Sistem Administrasi
     Madrasah Diniyah secara  administrasi  dilaksanakan dengan berpedoman pada prinsip – prinsip tertentu.  Adapun prinsip – prinsip umum administrasi pendidikan diniyah sebagai berikut :
a.    Administrasi Diniyah Takmiliyah bersifat praktis artinya dapat dilakukan sesuai situasi dan kondisi dilapangan.
b.    Administrasi berfungsi sebagai sumber informasi bagi peningkatan pengelolaan pendidikan dan proses belajar mengajar.
c.    Administrasi dilaksanakan dengan suatu sistem mekanisme kerja yang menunjang realisasi pelaksanaan kurikulum.
Administrasi Diniyah Takmiliyah tersebut meliputi administrasi proses belajar mengajar, administrasi ketenagaan, adminniistrasi keuangan, administrasi kesiswaan, administrasi hubungan dengan masyarakat, dan administrasi sarana dan prasarana serta perlengkapan.



0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts